BAHAYA GIGI BERLUBANG



Nussa sebagai IP pertama studio animasi The Little Giantz hadir di tengah-tengah masyarakat pada bulan November 2018 lalu, sebagai salah satu tayangan edukasi dengan berkonsep fun-edutainment ini menjadi IP pertama studio animasi The Little Giantz yang diharapkan menjadi salah satu solusi dalam memberikan tayangan positif pada keluarga di rumah. Studio animasi The Little Giantz yang berlokasi di kawasan Cilandak Barat ini, berkomitmen dalam mengembangkan creative content yang dimiliki. Salah satu bentuk apresiasi kami kepada masyarakat agar lebih mudah berinteraksi dengan karakter Nussa dan Rarra, parenting talkshow dengan jargon Generasi Cerdas Nussa hadir menyapa masyarakat di setiap bulannya.


Pada tanggal 1 Februari 2020 berlokasi di Halal Park - GBK Senayan, parenting talkshow hadir kembali untuk yang ke-3 kalinya. Klinik Medikids menghadirkan drg Laila Novpriati sebagai narasumber yang sudah menangani kasus kesehatan gigi pada anak. Untuk melengkapi sesi talkshow agar semakin meriah, kami menghadirkan penyanyi cilik di era 80-an, Puput Melati. Berangkat dari pengalaman parenting talkshow sebelumnya, pembahasan dengan tema kesehatan gigi tidak pernah sepi dari pertanyaan para peserta. Maka tema Bahaya Gigi Berlubang menjadi pembahasan yang kami ambil agar para orang tua lebih teredukasi tentang pentingnya kesehatan gigi anak sejak dini.


Kawasan Halal Park yang sudah diguyur hujan sejak malam hari, namun seluruh kegiatan tetap dapat terselenggara dengan lancar di area indoor dengan total peserta mencapai 70 orang. Drg Laila Novpriati menjelaskan secara ringkas dampak apa saja yang terjadi jika gigi berlubang dibiarkan tanpa ditangani oleh tindakan medis. Salah satunya akan berdampak pada saraf yang menyambung langsung ke telinga dan jantung. Pada beberapa kasus berat pun, operasi jantung bagi orang dewasa akan terlebih dahulu di rujuk ke dokter gigi untuk dilakukan pengecekan kesehatan gigi dan mulut. Di saat yang bersamaan, Puput Melati berbagi pengalaman bagaimana orang tuanya cukup disiplin untuk menjaga kesehatan gigi sejak kecil. Hal ini pun diterapkan kepada ke-lima buah hati agar terhindar dari gigi berlubang. Tidak tertinggal, tips menjaga gigi agar tetap sehat hingga dewasa disampaikan sebagai penutup sesi parenting talkshow.


Seperti yang sudah disampaikan drg. Laila Novpriati, beberapa tips yang dapat dilakukan agar terhindar dari bahaya gigi berlubang, terutama di saat pandemi:


1. Kunjungi dokter gigi setiap 6 bulan sekali

Kesehatan gigi dapat terawat dengan mengunjungi dokter gigi secara rutin. Dianjurkan untuk ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali. Walaupun tidak terasa sakit, merawat gigi lebih baik daripada menunggu sakit gigi yang berakibat pada kronisnya masalah gigi. Banyak pasien yang datang ke dokter gigi setelah merasakan sakit gigi yang luar biasa. Selain dampak yang buruk bagi kesehatan, dari segi biaya pun pasti akan lebih besar karena penanganannya yang lebih serius pula. Dimasa pandemi ini, beberapa aplikasi kedokteran menyediakan konsultasi secara online agar kesehatan gigi tetap terjaga.


2. Diet sehat

Kesehatan gigi dapat didukung oleh kondisi organ dalam manusia yang sehat. Salah satu penyebab gigi berlubang adalah terlalu banyaknya kandungan makanan yang terlalu manis. Dengan mengurangi makanan yang terlalu manis pada anak, potensi gula yang tertinggal di sela-sela gigi dapat terhindarkan.


3. Rutin menyikat gigi

Menyikat gigi dua kali sehari wajib dilakukan untuk membersihkan sisa-sisa makanan di mulut. Kalaupun tidak bisa melakukannya setelah selesai makan, berkumurlah untuk mengurangi sisa-sisa makanan dalam mulut. Tidak perlu khawatir menggunakan pasta gigi berfluoride pada anak. Dengan mengikuti petunjuk penggunaan pasta gigi sesuai usia anak, kandungan fluoride tidak akan membahayakan digunakan setiap menyikat gigi.


4. Minum air putih setelah makan dan minum beraroma

Salah satu manfaat air menetralkan sisa makanan dan minuman beraroma yang masih tertinggal di sela-sela gigi. Selain itu, dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh melalui urin. Hal ini agar seluruh organ tubuh dapat bekerja secara optimal agar kesehatan selalu terjaga.


Di puncak acara, ada promo Jelajah Nussa dan sesi Meet and Greet Nussa yang tentunya menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak dan orang tua. Kegiatan Parenting Talkshow pun semakin lengkap dengan fasilitas playground untuk anak-anak. Setelah keseluruhan acara selesai, berbagai macam tenant tersedia untuk makan siang maupun camilan bagi keluarga. Parenting Talkshow perdana Generasi Cerdas Nussa ini didukung sepenuhnya oleh brand partner kami, yaitu: Halal Park, Medikids, Jelajah Nussa, Ria Miranda, Puyo, Fiva Food, Pepsodent Kids, Lifebuoy, Innaco, Kamidea dan Kalcare.  Media partner pun setia dalam meramaikan dan menyebarkan kabar baik acara ini, diantaranya Dream.co.id, Smartmama.com, Inspiring Mama, Mamapapa.co.id, Hannah Indonesia dan Productive Mama.

Comments

0 of 0 comments