COVID-19 MASIH DI SEKITAR KITA



Di akhir penghujung tahun 2019 lalu, dunia dikejutkan dengan wabah Coronavirus Disease 2019 atau yang lebih dikenal dengan COVID-19 di Kota Wuhan, China. Wabah tersebut pun menyebar ke seluruh wilayah China yang akhirnya sampai ke seluruh penjuru dunia. Pada tanggal 11 Maret 2020, Badan Kesehatan Dunia atau WHO menetapkan COVID-19 menjadi pandemi global. Hal ini menjadi dasar pengambilan kebijakan pemerintah Indonesia dalam menerapkan Work From Home dan School From Home serta larangan pengadaan kegiatan yang mengundang banyak orang hingga dikenal dengan istilah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).


Studio animasi The Little Giantz sebagai rumah produksi Nussa dan Asktarra sebagai IP Management Nussa Official pun mengambil langkah preventif menyikapi kebijakan pemerintah tersebut. Seluruh agenda kegiatan yang berhubungan dengan mendatangkan jumlah orang banyak, ditunda untuk sementara waktu dan beralih ke konsep digital dan menerapkan sistem Work From Home untuk seluruh karyawan. Sudah lebih dari 6 bulan, Covid-19 masuk ke Indonesia dan melumpuhkan seluruh sektor di Indonesia. Baru beberapa bulan terakhir, kebijakan pemerintah dikeluarkan dalam melonggarkan masa peralihan PSBB di beberapa wilayah di Indonesia.


Menurut data sebaran yang dikeluarkan oleh www.covid19.go.id, per tanggal 2 September 2020, sebanyak 180.646 orang positif Covid-19 di Indonesia dan kenaikan yang cukup signifikan terjadi setelah akhir pekan panjang sejak 15-23 September 2020 lalu. Tenaga Kesehatan bertumbangan, 100 dokter dan puluhan perawat meninggal dunia. Seluruh rumah sakit rujukan pun sudah penuh dengan pasien Covid-19. Sudah saatnya kita sadar untuk selalu menjaga protokol kesehatan yang sudah dianjurkan pemerintah maupun WHO untuk seluruh dunia. Kegiatan “The New Normal” saat ini harus ditanggapi dengan bijak. “The New Normal” bukanlah kembali beraktivitas seperti sedia kala seolah-olah pandemi ini tidak pernah terjadi tanpa memperhatikan protokol kesehatan.


Langkah kecil berikut bisa menjadi dampak besar dalam penekanan daftar panjang jumlah pasien Covid-19 di Indonesia :


Tetap Dirumah.

Usahakan untuk tetap berada di rumah. Bukan hal yang mudah untuk melakukan hal ini sepanjang hampir 7 bulan ke belakang. Tunda dulu untuk untuk berkumpul di tempat keramaian, terutama durasi waktu lebih dari 3 jam.


Jika harus keluar rumah, patuhi protokol kesehatan. 

Bagi masyarakat yang tetap harus keluar rumah untuk mencari nafkah dan kebutuhan mendesak lainnya, selalu menggunakan masker, jaga jarak aman minimal 2 meter, hindari tempat keramaian yang terlalu padat, rajin mencuci tangan dengan sabun antiseptik dan dibilas dengan air mengalir, dan selalu sedia cairan disinfektan/handsanitizer.


Mengkonsumsi makanan bergizi.

Meningkatkan imun tubuh secara alami dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Selain itu, vitamin tambahan yang mengandung antioksidan sangat dianjurkan untuk di konsumsi agar meningkatkan dapat daya tahan tubuh di masa pandemi ini. Vitamin yang mengandung antioksidan diantaranya terdapat pada vitamin A, C, E, dan Astaxanthin. Konsumsilah vitamin ini sesuai dengan dosis agar tepat guna.


Jaga kesehatan dengan berolahraga.

Salah satu cara lain dalam meningkatkan dan memelihara daya tahan tubuh di masa pandemi adalah dengan berolahraga secara teratur di tempat yang aman dan nyaman. Lakukan gerakan olahraga sesuai dengan kondisi dan kemampuan tubuh agar tidak cidera.


Isolasi mandiri jika merasa tidak sehat dan segera hubungi tenaga kesehatan terdekat.

Apabila merasa tidak sehat, segera hubungi tenaga medis terdekat. Perlu diwaspadai apabila terdapat gejala demam secara tiba-tiba, batuk, pilek, dan sesak napas. Tetap tenangkan diri agar tidak panik. Ada beberapa pilihan aplikasi untuk berkonsultasi dengan dokter secara online. Sambil menunggu hasil diagnosa dokter, ada baiknya isolasi diri dirumah dan hindari untuk berinteraksi secara langsung dengan orang lain.


Afirmasikan hal baik agar selalu berpikiran positif. 

Bukan hal yang mudah untuk selalu berpikiran positif, terutama di masa pandemi ini. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan afirmasi positif untuk diri sendiri. Kalimat afirmasi tersebut bisa diawali dengan “Alhamdulillah.. Saya baik dan bersyukur atas nikmat yang Allah SWT berikan. Kondisi akan baik karena Allah Maha Baik”.


Sayangi diri sendiri, sahabat, dan keluarga dengan mematuhi protokol kesehatan. Tetap semangat untuk yang sedang sakit dan selalu jaga kesehatan. Seperti halnya Nussa yang akan hadir dengan episode baru dalam waktu dekat. Mengawali Season 3, cerita Nussa erat kaitannya dengan situasi dan kondisi saat ini. Sambil menunggu episode baru Nussa, nonton lagi keseruan cerita Nussa di Seaon 1 dan Season 2 di aplikasi Nussa and Friends. Download dulu aplikasi NUSSA AND FRIENDS di GooglePlay Store dan App Store yaa..

Yuk.. lanjutkan misi kebaikan kita dalam memberikan tayangan edukatif untuk keluarga Indonesia.

Comments

0 of 0 comments