NUSSA DAN INDUSTRI ANIMASI DI INDONESIA

Nussa hadir di tengah-tengah masyarakat pada November 2018, sebagai salah satu program tayangan edukasi dengan konsep fun-edutainment, menjadi IP (intellectual property) pertama studio animasi The Little Giantz. Bersama dengan Asktarra, sister company yang berfokus pada strategi bisnis Nussa Official berkomitmen dalam memajukan Indonesia lewat tayangan edukasi dan mendidik. 


Aditya Triantoro sebagai CEO studio animasi The Little Giantz dan founder Nussa, berkesempatan untuk berbincang dengan Burhan Solihin sebagai Direktur Eksekutif Tempo.co pada tanggal 29 Juli 2020 lalu, lewat fitur Live Instagram antara Tempo.co dengan akun pribadi Aditya Triantoro. Pada kesempatan itu diceritakan bagaimana studio animasi The Little Giantz melahirkan Nussa. Setelah melakukan riset mendalam, ditemukan kebutuhan tayangan edukasi namun menghibur untuk anak-anak di bisa dinikmati di handphone maupun tablet. Riset lain menunjukkan bahwa mayoritas anak-anak dengan usia dini hanya mampu berkonsentrasi selama 3 menit saja. Berdasarkan riset inilah studio animasi The Little Giantz bersama Asktarra sebagai IP Management dari IP Nussa Official memantapkan konsep tayangan yang cukup singkat namun padat penuh nilai kebaikan.


Perkembangan industri animasi di Indonesia sangatlah pesat sejak beberapa tahun belakangan ini. Tidak diragukan kualitas bekerja masyarakat Indonesia di negeri tetangga. Terbukti dengan kualitas karyawan studio animasi The Little Giantz dalam menyelesaikan proyek-proyek berkualitas internasional. Hal ini pun berlaku untuk studio-studio animasi di Indonesia lainnya. Kreativitas anak bangsa Indonesia mampu bersaing di tingkat internasional walaupun dengan konten lokal. Namun, saat ini masih banyak yang ragu untuk mempublikasikan karyanya tersebut. Semoga dengan adanya Nussa dan berbagai tayangan fun-edutainment khas Indonesia lainnya, bisa memberikan inspirasi bagi seluruh industri untuk terus berkarya tanpa keraguan, terutama di Indonesia. Sama-sama kita belajar bagaimana mengembangkan sebuah Intellectual Property sebagai ekosistem baru di industri animasi. Sudah saatnya kita membuktikan, bahwa Indonesia Mampu!

Comments

0 of 0 comments